Waduh, Masuk Mobil Langsung Nyalakan AC? Ini Bahayanya

0
333

Masuk ke dalam mobil saat cuaca panas biasanya membuat pengguna segera menyalakan AC. Hawa panas biasanya langsung terasa menyergap, apalagi bila mobil habis diparkir di bawah terik matahari secara langsung.

Apakah hal ini bisa dilakukan?

Rupanya, langsung menyalakan AC saat baru masuk mobil sangat tidak dianjurkan. Mengutip Auto2000, menyalakan AC secara langsung bakal menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya untuk tubuh.

Layar pada dashboard mobil menayangkan peta dari aplikasi navigasi dari smarphone (Shutterstock).
Dashboard mobil. Sinar matahari terpapar di area ini. Sebagai ilustrasi (Shutterstock).

Beberapa benda yang ada di dalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok hingga material plastik menjadi media perantara. Sinar matahari langsung yang panas menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda ini.

Berbagai senyawa baru yang berbahaya bisa muncul. Salah satunya adalah benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker. Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC sehingga penumpang yang menghirup udara AC mobil otomatis bisa terkena polusi ini.

Karena bersifat racun, benzena mampu memengaruhi ginjal dan hati karena dua organ yang berperan sebagai penyerap racun itu kesulitan mengeluarkannya. Tidak hanya itu, benzena juga mampu meracuni tulang dalam tubuh shingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih.

Semakin lama terhirup dalam tubuh, maka benzena dapat menimbulkan leukimia yang memperparah risiko kanker. Bagi ibu hamil, benzena juga mampu mengakibatkan keguguran.

Selain itu, dampak lainnya adalah bisaa memicu kecelakaan. Penjelasannya, saat mobil berada di dalam ruangan dengan jendela tertutup, benzena bisa terproduksi antara 400-800 mg. Bila diparkir di luar ruangan dan di bawah terik matahari pada temperatur 15 derajat Celsius ke atas, tingkat kepadatan benzena bisa mencapai 2.000 – 4.000 mg.

Padahal, tingkat toleransi manusia terhadap racun benzena hanya 50mg/ft2.Gas ini tak berbau dan tak berwarna jadi sulit untuk dideteksi.

Orang yang mengalami keracunan, umumnya akan merasa mengantuk, pusing, atau mual setelah menghidupkan AC. Hal ini yang bisa memicu kecelakaan di jalan raya.

Dengan beberapa alasan tadi, maka cara terbaik setelah masuk kabin mobil adalah membuka kaca pintu, menyalakan blower AC, dan menunggu sekitar 5 menit-10 menit agar suhu menurun, baru menyalakan AC.

Sumber : Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here