Toyota Recall Mobil di RI, Mobil Anda Termasuk? Begini Cara Ceknya

0
179

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall mobil Toyota di Indonesia. Mobil-mobil itu perlu diperbaiki karena ada potensi masalah pada bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.

Dalam siaran persnya TAM mengumumkan, recall mobil – mobil ini merupakan inisiatif global Toyota Motor Corporation yang dilakukan distributor Toyota di dunia, termasuk di Indonesia. Mobil-mobil Toyota yang terkena dampak recall fuel pump di Indonesia antara lain Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, serta Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017-2019.

Baca juga : Ada masalah di sistem pengereman,puluhan ribu unit Mazda 3 di recall

detikcom sedang mengajukan pertanyaan kepada Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, terkait seberapa banyak mobil Toyota yang terkena dampak recall fuel pump. Hingga berita ini ditulis, Anton belum merespons pertanyaan detikcom.

Meski begitu, dikutip dari kolom Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Ask Question/FAQ) di laman resmi Toyota-Astra Motor, kendaraan yang terlibat di Indonesia ada sebanyak 36.841 unit. Tidak semua kendaraan yang disebutkan di atas terlibat, hanya VIN tertentu saja. Apakah mobil Anda termasuk di dalamnya?

Jika masih ragu, sebaiknya Anda segera mengeceknya. Pemilik mobil bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.

Anda juga bisa mengeceknya melalui website resmi www.toyota.astra.co.id/ssc. Kemudian masukkan nomor rangka kendaraan Toyota Anda. Nomor rangka kendaraan bisa dilihat di STNK, terdapat 17 digit yang biasanya merupakan gabungan huruf dan angka. Setelah memasukkan nomor rangka pada laman tersebut, selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program penggantian fuel pump ini.

Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan untuk dilakukan pengecekan dan penggantian fuel pump jika diperlukan.

Menurut informasi dari kolom FAQ, ada potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar yang bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi, hal ini dapat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga : Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica Kena Recall

Saat hal ini terjadi ada kemungkinan lampu engine akan menyala, putaran mesin menjadi kasar, mesin tidak dapat menyala dan/atau kendaraan mogok saat dikemudikan. Sebelum hal itu terjadi, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

Sumber : Detikoto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here