Seberapa Nyaman All New Sirion 2018 ?

0
387

Kehadiran Sirion terbaru di Indonesia menyusul Perodua di Malaysia yang sudah meluncurkan kembarannya, Myvi, pada November lalu. Sirion yang diimpor dari Malaysia tetap ditawarkan dengan satu pilihan mesin, 1.3L, walau Myvi punya opsi 1.3L dan 1.5L.

Daihatsu Sirion diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor pada Februari lalu. Bentuknya tidak lagi membulat tapi lebih dinamis. Kami merasa, seharusnya bentuk ini lebih bisa diterima dibanding sebelumnya. Mesinnya tetap 1,3 liter, tapi menggunakan mesin baru, yang dibuat oleh Toyota.

Generasi ketiga Sirion ini mengusung beragam perubahan yang membuatnya terlihat lebih modis dan dilengkapi interior yang mewah dan kaya fitur. Segala perubahan yang dimilikinya membuat All New Sirion layak dinobatkan sebagai city car terbaik yang bisa kita dapatkan dengan harga Rp 190Jutaan Rupiah *otr Samarinda.

Harganya memang lebih mahal dibandingkan Daihatsu Ayla ataupun Daihatsu Sigra. Namun harga Daihatsu Sirion 2018 sebanding dengan semua fitur yang dimilikinya. Kita akan mendapatkan fitur keselamatan yang sangat lengkap apabila membeli city car ini. Nah sebelum membelinya, silahkan menyimak video kami terlebih dahulu disini…!!!

Secara design menurut kami mobil ini terlihat lebih stylish dari dua generasi sebelumnya, dengan hadirnya bumper baru yang dipadukan dengan sentuhan warna chrome pada bagian front grille dan fog lamp. Mobil ini juga mengadopsi teknologi LED yang memberikan pencahayaan lebih terang & hemat energi. Fitur Follow Me Home dan Leveling Adjuster juga dimilikinya, sehingga terasa semakin canggih dan berkesan lebih modern.

Menariknya lagi, All New Daihatsu Sirion 2018 telah dilengkapi fitur Auto Rear Wiper yang akan berfungsi secara otomatis ketika mundur dalam kondisi hujan. Lampu belakangnya juga menggunakan teknologi LED dengan rear combination lamp yang memiliki desain stylish. Lalu ada pula spoiler belakang dengan LED HMSL yang stylish & elegan. Selain itu, Daihatsu melengkapi All New Sirion dengan roof antena bergaya shark fin yang membuatnya terlihat semakin modern.

Tidak perlu khawatir berkendara saat hujan, karena kecepatan wiper akan menyesuaikan dengan kecepatan laju kendaraan, sehingga vesibilitas berkendara saat hujan tetap maksimal. Selain itu, mobil ini juga memiliki velg modern dengan ukuran 15″ yang membuat berkendara lebih stabil dan desain All New Sirion semakin sporty. Ukuran velgnya lebih besar dibandingkan Sirion generasi sebelumnya yang memakai velg 14″, jadi kita tanpa perlu melakukan modifikasi velg untuk kekerenan mobil ini.

Selanjutnya untuk segi interior, All New Daihatsu Sirion hadir dengan desain kursi baru yang dibalut warna Dark Grey dan memiliki desain stylish dan nyaman saat diduduki. Baris kursi depan juga bisa dilipat kebelakang dan kursi belakang bisa dilipat sepenuhnya, sehingga memberikan ruang ekstra saat membawa barang bawaan dalam jumlah banyak. Ruang kabinnya juga tergolong luas dan memiliki legroom yang lega. Alhasil kenyamanan penumpang belakang tetap terjaga saat menaiki mobil ini.

Fitur menarik lainnya adalah USB Charger yang tersedia pada baris kursi pertama dan kedua. Pada bagian depan juga memiliki dashboard modern dan menggunakan sistem audio 2 Din yang dioptimalkan oleh layar sentuh yang bisa digunakan untuk mengakses hiburan dan kamera parkir. Fitur-fiturnya tergolong sangat lengkap, padahal harga Daihatsu Sirion 2018 dibanderol dibawah 200 Juta Rupiah untuk type manual. Alhasil mobil ini bisa menjadi pilihan utama untuk city car terbaik di kelasnya.

Selanjutnya soal dapur pacu, All New Daihatsu Sirion 2018 mengusung mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i yang memiliki 4 buah silinder dan 16 katup. Mesin tersebut tergolong bertenaga, karena bisa mengeluarkan daya maksimum mencapai 95 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 6.000 rpm. Kemudian untuk torsinya mencapai 12.2 kg.m pada putaran 4.200 rpm. Mesin tersebut dioptimalkan oleh sistem pembakaran Electronic Fuel Injection, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit.

Tersedia tangki berkapasitas 36 liter untuk menyimpan seluruh bahan bakar. Mobil ini memiliki sistem kemudi model Rack & Pinion yang dioptimalkan oleh teknologi Electric Power Steering. Tidak hanya itu saja kecanggihan teknologinya, All New Sirion juga dilengkapi fitur key free system atau sistem penguncian keyless.

Fitur Start/Stop Button juga dimilikinya, sehingga kita bisa menghidupkan dan mematikan mesin dengan satu kali sentuhan. Lalu ada pula fitur AC Digital yang menambah kenyamanan mobil ini. Selanjutnya pada bagian kaki-kaki menggunakan suspensi depan bertipe Mac Pherson Struts with coil spring dan suspensi belakang Torsion beam with coil spring. Kedua suspensinya telah dilengkapi Stabilizer, sehingga mobil lebih stabil dan lebih nyaman saat cornering.

Semua varian All New Daihatsu Sirion sama-sama menggunakan velg ring 15″ dengan ban berukuran 185/55 R15. Sistem pengereman yang dimilikinya juga canggih. Pasalnya mobil ini telah dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat roda tidak akan mengunci saat mengerem mendadak. Selain itu, tersedia pula teknologi EBD (Electronic Brake-Force Distribution) yang membuat performa pengereman lebih maksimal dengna mangatur distribusi rem yang terpasang pada setiap ban.

Masih banyak fitur keselamatan lainnya yang dimiliki mobil ini, seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) yang membuat mobil lebih aman saat bermanuver di tikungan dan di jalan licin. All New Sirion juga dilengkapi sensor pada bagian depan yang membuat parkir semakin nyaman. Di dalam ruang kabinnya juga tersedia Front & Side Airbags yang melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi benturan. Kemudian untuk sistem keamanannya mengandalkan fitur Immobilzer yang dipadukan dengan sistem penguncian keyless.

Di All New Sirion ini kita akan mendapatkan fitur keselamatan yang sangat lengkap dan didukung interior mewah yang dilengkapi beragam fitur modern. Desain eksteriornya juga terlebih lebih stylish, sehingga cocok bagi anak muda jaman now yang menjadikan mobil sebagai kendaraan sehari-hari.

Kelebihan Mobil Daihatsu Sirion 2018

  • Harga Daihatsu Sirion 2018 sebanding dengan semua fitur yang dimilikinya
  • Telah dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap, mulai dari Dual SRS Airbag, Side Airbag, ABS, EBD, hingga fitur Vehicle Stability Control (VSC)
  • Memiliki kamera parkir yang akan terhubung ke layar touchscreen pada bagian dashboard
  • Kursinya sangat nyaman dan didukung legroom yang lega, sehingga penumpang belakang semakin betah berlama-lama di dalam mobil ini
  • Tersedia fitur USB Charger pada setiap baris kursi total 3 usb charger.
  • Mengusung mesin berteknologi Dual VVT-i dan Drive-By-Wire yang membuat performa mesin semakin meningkat
  • Sudah menggunakan sistem penguncian keyless yang terintegrasi pada Immobilizer dan tombol Start/Stop Button
  • Memakai velg ring 15 dengan desain sangat sporty
  • Sudah menggunakan lampu LED pada bagian depan dan belakang
  • Desain sangat stylish, sehingga cocok bagi anak muda
  • Suspensinya dilengkapi stabilizer yang membuat cornering menjadi lebih nyaman
  • Dilengkapi fitur AC Digital

Kekurangan Mobil Daihatsu Sirion 2018

  • Sistem kemudinya belum mendukung Telescopic Steering, karena hanya mendukung fitur Tilt Steering untuk mengatur posisi kemudi
  • Terlalu banyak warna chrome pada bagian depan yang menurut sebagian orang menjadikan mobil terlihat norak.

Generai ketiga Daihatsu Sirion ini memang menarik untuk dimiliki. Mobil ini bisa menjadi alternatif selain mobil lcgc yang notabennya minim fitur. Harga Daihatsu Sirion 2018 yang dibanderol  Rp. 190.150.000 transmisi manual dan  Rp. 202.600.000 untuk yang automatic (otr Samarinda), mobil ini sangat sebanding dengan semua fitur yang dimilikinya. Terlebih mobil ini menawarkan fitur keselamatan yang sangat lengkap dan didukung mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i dan Drive-By-Wire yang membuat performa mesin semakin meningkat dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here