Morris Garage HS Punya Dua Varian, Begini Detail Perbedaannya

0
98

Morris Garage (MG) semakin menguatkan lini produk dengan meluncurkan model kedua, MG HS di Jakarta hari Kamis kemarin (13/8). Model terbaru tersebut bermain di segmen SUV, sama dengan model perdananya di Indonesia, ZS. Untuk HS, pabrikan menawarkan dua varian ke pasar yakni Excite berbanderol Rp 369,8 juta dan Ignite dihargai Rp 429,8 juta (OTR Jakarta).

Nah lantas apa perbedaan keduanya yang terpaut harga Rp 60 juta? Kami mengupasnya.

Kedua varian sama-sama berdimensi 4.574 x 1.876 x 1.664 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.720 mm. Sebagai tunggangan urban, ground clearance tak diseting terlalu tinggi, hanya 145 mm. Tersedia dalam empat pilihan kelir bodi : scarlet red, black knight, silver metallic dan arctic white.

Jantung mekanis mengusung teknologi turbo. Guna meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Spesifikasinya empat silinder DOHC berkubikasi 1,5 liter. Diameter langkah disetel 74 x 86,6 mm dengan rasio kompresi 10:1. Output tertinggi 160 hp (162 PS) yang keluar di 5.600 rpm. Berkat sokongan penyempurna pembakaran, momen puntir jadi mumpuni, 250 Nm di putaran 1.700 hingga 4.400 rpm. Seluruh daya disalurkan ke roda melewati sistem transmisi Twin Clutch Sportronic 7-speed. Untuk memberikan driving experience yang lebih menyenangkan, tersedia pula mode manual.

Tipe Excite

Varian bawah mempunyai value for money cukup tinggi. Pasalnya fitur sudah sangat memadai. Pencahayaan utama mengadopsi model proyektor dengan bohlam halogen yang punya fungsi auto on/off. Ditemani Daytime Running Light. Teknologi LED dapat ditemukan pada lampu kombinasi buritan. Masih di area belakang, terdapat spoiler dan rear defogger. Sayang, tak ada panoramic sunroof guna membangkitkan nuansa mewah, tapi terpasang roof rail sebagai tempat menambatkan roof box atau roof rack. Pengemudi dimudahkan dalam mengatur spion samping karena sudah elektrik dan dapat dilipat otomatis. Rupa luar disempurnakan velg alloy 17 inci dengan ban 215/60.

Teknologi Smart Key sudah tertanam, memudahkan akses ke kabin. Cukup tekan tombol di gagang pintu untuk membuka-mengunci pintu. Untuk menyalakan dan mematikan mesin, terdapat tombol Push Start Button. Nuansa sporty terpancar berkat interior berbalut kulit hitam. Fitur di dalam lengkap. Jok pengemudi dapat diatur posisinya secara elektrik ke enam arah. Kemudi juga bisa disetel karena tersemat fungsi tilt dan teleskopik. Panel instrumen analog terpampang di balik setir. Perangkat multimedia diperkuat head unit layar sentuh 10 inci yang terhubung ke empat speaker. Mampu dihubungkan dengan smartphone lewat sambungan Bluetooth dan USB.

Fitur safety yang dibenamkan pada MG HS terbilang lengkap. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Electronic Brake Assist (EBA) membantu kinerja pengereman. Masih ditunjang Electronic Differential System (XDS) untuk bermanuver di tikungan. Sementara pengendalian didukung Stability Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Curved Brake Control (CBC), Motor Control Slide Retainer (MSR) dan Anti Roll Program (ARP). Menjelajah di medan terjal tak masalah, ramah pengemudi pemula karena ada Hill-start Assist System (HAS) dan Hill Descent Control System (HDC).

Perlindungan seluruh penumpang tidak cuma mengandalkan sabuk pengaman tiga titik, tapi juga enam kantung udara terdiri : dua depan, dua sisi dan dua seluruh jendela samping. Bila terlibat insiden tak diinginkan, mobil secara otomatis menyalakan lampu hazard untuk menginformasikan pengemudi lain lewat Emergency Stop Signal (ESS). Berkendara makin terasa aman lantaran pintu mengunci secara otomatis ketika mendeteksi kecepatan tertentu. Soal parkir, dimudahkan berkat bantuan kamera dan sensor belakang. Ada pula Follow Me Home Light yang membuat sektor penerangan tetap aktif sesaat, meski mesin sudah dimatikan.

Tipe Ignite

Beragam fitur di Excite dapat ditemukan pada varian atas. Tentu saja ada beberapa perbedaan dan tambahan di sana-sini. Lampu utama misalnya, sudah pakai LED sehingga lebih terang dan hemat energi. Sein juga menyala secara berurutan di depan dan belakang. Menghasilkan kesan lebih premium. Di atap terdapat panoramic sunroof yang memberikan kesan luas dalam kabin. Begitu pula bagian belakang sudah dilengkapi pintu hidrolik elektrik. Upaya membuka-tutup tak sulit, cukup tekan tombol.

Nuansa sporty makin kentara di varian tertinggi. Jok terintegrasi headrest diselimuti kulit sintetis kombinasi merah dan hitam. Jok pada bagian pengemudi dan penumpang depan dapat diatur secara elektrik. Suasana kabin dimeriahkan lampu mood dengan beragam pilihan. Di belakang kemudi terpampang panel instrumen analog yang berpadu Multi Information Display (MID) 7 inci yang menyeiakan ragam informasi seputar odometer, efisiensi dan jangkauan jelajah.

Pengemudi bisa memantau tekanan seluruh ban dengan gampang karena sudah dilengkapi Tire Pressure Monitor System (TPMS). Head unit memiliki kesamaan ukuran dengan tipe excite, tapi terhubung ke enam speaker yang dapat diatur melalui audio steering switch. Untuk penyejuk ruangan, sudah terdapat pengaturan AC dual zone.

Pada varian atas terpasang Cruise Control yang bisa mengurangi hectic berkendara jauh kepada pengemudi sehingga kaki bisa diistirahatkan dari pedal akselerasi. Untuk mendapatkan sensasi mengemudi yang lebih mengasyikkan lagi, terdapat tuas paddle shift sehingga bisa sedikit bisa bermain di jalanan yang lengang.

Mode pengendaraan yang tersedia cukup menarik, karena pilihannya seperti yang tersedia pada model SUV premium. Yaitu mode Eco, Normal, Sport, Custom dan Super Sport. Pengaturannya melalui  tombol yang menempel di samping tuas transmisi. Namun untuk opsi Super Sport, terdapat tombol istimewa berwarna merah di setir.

Nah, setiap pemilihan driving mode tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin, setir maupun suspensi. Tentunya jika Anda memilih Super Sport, chassis menjadi lebih stiff, suspensi menjadi lebih keras dan bobot setir terasa lebih berat. Dengan tujuan memberikan feeling sporty dan agar kendaraan menjadi lebih stabil pada saat melesat pada kecepatan tinggi. Nah tinggal memilih, mau hemat bahan bakar atau bergerak liar membiarkan jarum rpm melejit.

Sumber : carvaganza.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here