Kaleidoskop: Deretan Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang 2019

0
489

Beragam jenis mobil terbaru telah mengaspal di Indonesia sepanjang 2019. Mulai dari merek Jepang, Eropa, Korea Selatan sampai merek China merilis produk-produk terbarunya demi meramaikan pasar mobil penumpang di Tanah Air.

Mobil baru yang hadir di tahun ini juga beragam modelnya, ada hatchback, city car, sedan, Sport Utility Vehicle dan Multi Purpose Vehicle. Dari merek asal Negeri Sakura yang telah meluncurkan produknya di tahun ini ada Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Honda, dan Suzuki. 

Kemudian untuk merek asal Benua Biru ada Mercedes-Benz, BMW, Volkswagen, dan Renault. Kemudian dari Negeri Gingseng diwakili oleh Hyundai, dan jenama besutan Tiongkok juga tidak ketinggalan untuk meluncurkan mobil-mobil barunya, seperti Wuling dan DFSK.

Toyota 

PT Toyota Astra Motor (TAM) menjadi produsen paling getol merilis produk terbaru di 2019. Mengawali tahun mereka merilis All New Camry, sedan peremium tersebut hadir dengan perubahan total dari sektor ekterior, interior, kaki-kaki, mesin hingga fitur-fiturnya.

Mobil yang biasa digunakan pejabat negara itu ditawarkan dua varian mesin pembakaran 2.500cc dan satu varian hybrid. Camry tipe 2.5 G AT dibanderol Rp629,850 juta, tipe 2.5 V AT dilego Rp663,150 juta dan tipe 2.5L AT hybrid menjadi yang tertinggi dengan harga Rp823,100 juta.

Masih di bulan yang sama, PT TAM kembali merilis produk terbarunya yang jadi andalan penjualannya di Tanah Air, yakni New Avanza dan Veloz. Revisi yang kentara dari mobil dengan julukan sejuta umat itu ada ada tampan depannya, dan fitur-fiturnya.

Avanza dijual dalam lima varian, harga mulai dari Rp195,200 juta sampai Rp225,350 juta. Sedangkan Veloz baru ada empat varian yang dibanderol Rp219,750 juta sampai Rp243,550 juta. Mesin kedua Low MPV tersebut ada dua pilihan, yakni 1.300cc dan 1.500cc.

Kemudian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Juli 2019 agen pemegang merek Toyota itu meluncurkan sportcar legendarisnya, yakni Supra GR. Harga yang ditawarkan cukup fantastis, yaitu Rp1,995 miliar on the road DKI.

Toyota Supra GR

Setelah itu mereka kembali merilis produk terbarunya dari kasta sedan, yakni All New Corolla Altis. Hadir dengan dua varian bermesin 1.800cc bensin, untuk tipe G AT dilego Rp477,100 juta, tipe V AT Rp498,700 juta dan satu varian hybrid yang dibanderol Rp576,800 juta.

Tidak berhenti sampai disitu, memasuki semester kedua Toyota memberikan penyegaran pada produk Low Cost Green Car andalannya yang dapat menampung tujuh orang penumpang Produk tersebut adalah New Calya yang ditawarkan tiga varian dengan harga Rp142,900 juta sampai Rp161,400 juta.

Daihatsu

Merek mobil yang jadi aliansi Toyota tersebut berada di bawah naungan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsennya. Dalam waktu bersamaan dengan peluncuran New Avanza, Daihatsu meluncurkan saudara kembarnya, yakni Grand New Xenia di Januari 2019.

Test Drive Daihatsu Sigra baru

Low MPV berlogo D tersebut memiliki 10 varian dengan harga Rp190,650 juta sampai Rp232,950 juta. Setelah itu, PT ADM juga menghadirkan Sigra di kelas LCGC yang jadi saudara kandung Calya. Namun Sigra ditawarkan 10 varian dan harganya Rp116,500 juta sampai Rp159,250 juta.

Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM) sepanjang tahun ini juga meluncurkan beberapa produk barunya. Yang pertama hadir adalah New Mobilio dan New Civic sedan yang hanya mengalami sedikit penyegaran atau minor change ada sektor eksterior dan interior.

Namun secara harga, agen pemegang merek mobil berlogo H tersebut tetap menaikkannya. Untuk Mobilio yang dijual dalam lima varian harganya mulai Rp198,700 juta sampai Rp254,100 juta. Sedangkan Civic dengan dibekali mesin 1.500cc turbo dilego Rp523,900 juta.

“Tahun ini kami meluncurkan New Civic dan New Mobilio di Februari. Sedangkan New BR-V di IIMS, dan All New Accord dan New HR-V di GIIAS,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy kepada 100KPJ, Selasa 24 Desember 2019.

Honda Accord 2020

Dari sekian banyak produk yang diluncurkan di tahun ini, hanya All New Accord yang mengalami ubahan total mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki, mesin hingga fitur dan teknologinya. Sedan pesaing Camry itu pertama kali dirilis pada GIIAS Juli 2019 dan dibekali fitur Honda Sensing.

Salah satu serangkaian fitur keamanan yang terdapat di Honda Sensing, adalah sedan tersebut seakan-akan seperti semia autonomus yang dapat berjalan sendiri mengikuti kecepatan mobil di depannya. Accord terbaru hanya ditawarkan satu varian, harganya Rp714,600 juta.

Suzuki

Tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia hanya meluncurkan tiga produk baru. Pada Januari, mereka memperbanyak varian Ertiga terbarunya dengan menghadirkan versi Sport yang berubah secara penampilan.

Ertiga Sport dibanderol lebih mahal dari versi standar, mengingat ada beberapa tambaan aksesoris di eksterior dan interior. Jika edisi standarnya dilego dari Rp201 juta sampai Rp245 juta, namun untuk versi sportnya Rp246 juta untuk manual dan matik Rp256,500 juta.

Saat hadir di GIIAS pada Juli 2019, produsen mobil berlogo S tersebut akhirnya secara resmi menjual Jimny. Sebelum resmi dijual, SUV legendaris Suzuki itu sudah beberapa kali hadir di pameran. Namun karena unitnya yang terbatas, kini konsumen harus menunggu bertahun –tahun untuk meminang Jimny.

Suzuki Jimny.

“Awal tahun ada All New Ertiga Sport, setelah itu Jimny di GIIAS dan New Baleno baru di Desember,” ujar Section Head 4W Product Development PT SIS, Harold Donnel kepada 100KPJ, Selasa 24 Desember 2019.

Produk terakhir yang dihadirkan PT SIS adalah New Baleno. Mobil berjenis hatchback tersebu baru saja dirilis pada 20 Desember 2019, namun hanya sekadar minor change. Harga Baleno baru dibanderol Rp233,500 juta untuk matik, dan manual Rp221 juta ada kenaikkan Rp3 juta dari versi sebelumnya.

Mitsubishi 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjadi produsen kedua setelah Toyota yang gencar menghadirkan produk terbaru di 2019. Total ada empat produk baru yang diluncurkan oleh distributor mobil Mitsubishi di Tanah Air tersebut.

Ketiga produk terbarunya dirilis dalam waktu bersamaan di ajang GIIAS, pada Juli 2019. Dalam pameran tersebut MMKSI meluncurkan Eclipse Cross, Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), dan di kelas komersial ada New Triton. 

Mitsubishi Eclipse Cross di GIIAS 2019

Eclipse Cross adalah implementasi dari sebuah crossover yang memiliki desain futuristic seperti mobil perkotaan. Crossover yang dibawa utuh dari Thailand itu ditawarkan tiga varian dengan mesin 1.500cc bensin turbo, harganya Rp483 juta sampai Rp478 juta.

Sementara Outlander PHEV menjadi salah satu usaha MMKSI menyambut era ramah lingkungan. SUV yang dapat digerakan oleh mesin bensin dan motor listrik tersebut dilengkapi segudang fitur-fitur canggih, dan harga jualnya juga cukup fantastis, yakni Rp1,289 miliar.

Kemudian menjelang akhir tahun, tepatnya di November Mitsubishi meluncurkan varian terbaru small MPV andalannya, yakni Xpander Cross. Mobil yang digadang-gadang sebagai penjegal Toyota Rush atau Honda BR-V di pasar Low SUV itu hadir dalam tiga varian.

Xpander Cross di Mitsubishi Auto Show Summarecon Serpong

Untuk Xpander Cross tipe MT dibanderol Rp267,700 juta, tipe AT harganya Rp277,700 juta, dan Premium Package AT Rp286,700 juta. Untuk membuat ground clearancenya menjadi 225 mili meter, Mitsubishi mengubah suspensi depan belakang, dan ada beberapa fitur yang tidak ada di Xpander standar.

Nissan

Untuk mendongrak eskistensi Nissan di Tanah Air, PT Nissan Motor Indonesia sebagai produsennya terus menawarkan produk-produk terbaru. Tahun ini mereka telah meluncurkan tiga produk barunya, yaitu All New Livina, All New Serena dan New X-Trail.

Livina generasi terbaru adalah wujud pertama kolaborasi Nissan dengan Mitsubishi yang memanfaatkan platform Xpander. Secara garis besar, spesifikasi Livina baru dan Xpander mirip, hanya desain eksterior dibuat berbeda, namun fitur dan mesin 1.500cc-nya sama.

Secara harga, NMI membanderol Livina baru lebih murah dari Xpander. Ditawarkan dalam lima varian, small MPV Nissan tersebut dijual mulai dari Rp205,300 juta sampai Rp269,100 juta. Selain Livina, dalam waktu bersamaan tepatnya Februari, Nissan juga meluncurkan Serena terbaru.

Serena baru memiliki ubahan yang siginifikan, fitur-fiturnya juga lebih canggih dari generasi sebelumnya. MPV model pintu geser itu dijual Rp456,900 juta untuk tipe X, dan tipe Highway Star Rp475 juta. Setelah itu NMI juga memberikan sentuhan minor change pada X-Trail di GIIAS pada Juli 2019.

Wuling dan DFSK

Memanfaatan ajang IIMS pada April 2019, Wuling Motors meluncurkan Cortez CT dengan pilihan mesin 1..500cc, sebelumnya Cortez hanya dijual dengan mesin 1.800cc. Dalam waktu bersamaan merek mobil asal China itu juga menghadirkan varian baru Confero S ACT seharga Rp191,8 juta.

Wuling Almaz

Setelah itu di Juli 2019 tepatnya pada pemaran GIIAS, Wuling kembali merilis Almaz dengan fitur yang lebih canggih. SUV pertama Wuling itu diluncurkan dengan kapasitas tujuh penumpang dan teknologi perintah suara atau Wuling Command.

Kemudian merek Tiongkok lainnya adalah DFSK, melalui PT Sokonindo Automobile sebagai produsennya yang resmi meluncurkan DFSK Glory 560 di GIIAS 2019. SUV kompak tersebut hadir dalam lima varian dengan pilihan mesin 1.500cc turbo dan 1.800cc natural aspirated.

DFSK Glory 560.

BMW dan Mercedes-Benz

BMW Group Indonesia meluncurkan enam produk terbarunya di tahun ini. Diawali dari peluncuran All New Z4 Roadster dan All New X5 xDrive pada April 2019, kemudian memasuk Mei produsen merek mobil asal Jerman tersebut merilis seda bertenaga buas, yakni All New M850i xDrive Coupe.

Memanfaatkan ajang GIIAS, Juli 2019, BMW meluncurkan tiga produk barunya sekaligus, yaitu All New Series 3, mobil full listrik pertamanya i3, dan SUV paling bongsor miliknya X7 xDrive40i Pure Excellence yang sempat dihadirkan pada tahun lalu versi konsepnya.

Selain BMW, ada Mercedes-Benz yang merupakan merek kompetitor utamannya yang berasal dari negara yang sama. Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai produsennya diketahui telah meluncurkan lima produk terbarunya di tahun ini.

Mengawali tahun ini MBDI meluncurkan E350 EQ Boost, dan pada ajang IIMS tepatnya April mereka meluncurkan mobil kompaknya, B-Class. Kemudian memanfaatkan ajang GIIAS agen pemegang merek mobil berlogo Three Pointed Star itu merilis Jip andalannya, yakni Mercedes-AMG G63.

Sebelum menutup akhir tahun MBDI kembali meluncurkan produk terbarunya berjenis SUV yang sudah dirakit lokal, yaitu New GLE dan New GLC. 

Renault dan Volkswagen

Meski menyandang merek asal Perancis, namun beberapa produk Renault yang masuk ke Indonesia dikirim dari Korea Selatan atau India seperti halnya Triber. Maxindo menjadi produsen barunya Renault resmi meluncurkan Triber di tahun ini.

Renault Triber

Mobil perkotaan yang menjadi pesaing Toyota Calya dan Daihatsu Sigra itu dijual dengan harga mulai dari Rp133 juta sampai Rp169,9 juta. Mobil yang dapat menampung tujuh orang itu dibekali mesin 1.000cc tiga silinder milik Renault Kwid.

Volkswagen yang juga merek asal Eropa telah meluncurkan SUV terbarunya pada Juli 2019, yakni Tiguan All Space. Menariknya mobil gagah tersebut sudah dirakit lokal, maka harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dan cukup kompetitif jika disandingkan dengan merek Jepang.

Hyundai

Hyundai Mobil Indonesia sebagai merek asal Korea Selatan juga tak mau ketinggalan meramaikan pasar mobil penumpang di Tanah Air. Tahun ini Hyundai resmi meluncurkan Kona pada pameran IIMS, April 2019. Crossover berlogo H miring itu dibekali mesin 2.000cc dengan harga Rp363 juta, artinya lebih murah dari Honda HR-V 1.8 Presitge, atau Mazda CX3 yang jadi pesaingnya.

Sumber : 100kpj.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here