Ford Bronco, Penjegal Suzuki Jimny yang Bangkit dari Tidur Panjang

0
58

Suzuki Jimny harus waspada, sebab rivalnya dari Amerika, Ford Bronco edisi pertama sudah resmi diperjualbelikan meskipun belum ada rincian harga pasti.

Bahkan pemesanan unitnya yang terus berdatangan, membuat laman resmi Ford mengalami eror alias kelumpuhan akibat lonjakan traffic dalam satu waktu.

Baca juga : Daihatsu Taft Reborn Siap Jadi Pembunuh Suzuki Jimny

Dalam laporan Motor1, 3.500 unit Bronco yang dipersiapkan langsung ludes dalam hitungan 3 jam, sejak pemesanan dibuka pada pukul 20.00 waktu setempat. Kemudian pada pukul 23.15, Bronco tak lagi tersedia. SUV tersebut dalam jadwalnya akan diluncurkan resmi pada kuartal II 2021.

Ford Bronco 2-pintu. Foto: dok. Carbuzz

Ini membuktikan atensi masyarakat Paman Sam akan SUV tersebut begitu tinggi. Bronco seperti SUV legendaris lain yang memiliki banyak pecinta di seluruh dunia.

Maklum model pertamanya lahir pada 1966 dan langsung menjadi model SUV 4×4 paling laris selama tiga dekade. Selama waktu itu pula, Ford Bronco juga berkompetisi dengan SUV lain dari Jeep, Chevrolet, Dodge, dan sebagainya.

Ford Bronco 4-pintu. Foto: dok. Carbuzz

Hanya saja Ford terpaksa menyuntik mati Bronco pada 1996. Penyebabnya karena Bronco lambat laun kalah saing dengan model baru Ford Expedition maupun F-150.

Baca juga : SUV Baru Ford Ini Bisa Membuat Suzuki Jimny Kelihatan Kuno

Tapi pabrikan asli Amerika Serikat ini tak tinggal diam. Apalagi beberapa tahun setelah tidak diproduksi lagi, Bronco menjadi barang kolektor dan kerap direstorasi.

Ford Bronco 4-pintu. Foto: dok. Carbuzz

Seperti ingin mendulang kejayaannya masa lalu, Ford coba tes pasar dengan menghadirkan Bronco dalam bentuk purwarupa pada 2004 silam. Wujudnya mengambil DNA Bronco edisi pertama tahu 1966. Tapi yang terbaru ini lebih modern.

Gayung bersambut, publik justru menantikan kehadirannya. Hanya saja waktu riset dan pengembangannya terbilang lama, membutuhkan waktu sekitar 16 tahun hingga akhirnya Bronco generasi terbaru bisa dimiliki.

Desain grille dan lampu utama Ford Bronco. Foto: dok. Carbuzz

Ford Bronco 2021 yang melakoni debutnya pada 13 Juli lalu sudah barang tentu membawa sejumlah peningkatan, dan bakal tersedia dalam tiga tipe: 2-pintu, 4-pintu, atau model sport dengan 2-pintu.

Spesifikasi mesin Ford Bronco

Secara umum semuanya menggendong mesin 2.300 cc 4-silinder dengan turbo (Ecoboost) yang dipasangkan transmisi manual 7-percepatan. Tenaga maksimumnya mencapai 270 dk dan torsi puncak 420 Nm.

Selain itu Bronco juga sengaja diciptakan lebih luas, maka ada opsi bermesin turbo 2.700 cc berkonfigurasi V6 yang menjanjikan tenaga 310 dk dan torsi 542 Nm yang dikawinkan pada transmisi otomatis 10-percepatan.

 (5)
Desain interior Ford Bronco. Foto: dok. Carbuzz

Soal fitur SUV ini dilengkapi mode berkendara dalam rangkaian GOAT (Go Over Any Terrains) yang mencakup Normal, Eco, Slippery and Sand, Baja, Mud, atau Rock Crawl, demikian dari Carbuzz.

Oh iya mengenari harga, mobil yang dibuat di pabrik di Michigan, Amerika Serikat ini paling murah dibanderol 29.995 dolar AS atau setara dengan Rp 441,4 juta (nilai tukar per 17 Juli 2020).

 (6)
Desain interior Ford Bronco. Foto: dok. Carbuzz

Bagaimana jika masuk Indonesia? Jadi rebutan juga kah? Kemudian, pantas kah Ford Bronco bersaing dengan Suv lain seperti Suzuki Jimny? Atau lebih pantas bersaing dengan Jeep Wrangler? Maka jangan sungkan, sampaikan pendapatm di kolom komentar ya!

Sumber : Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here