Bingung Cara Mengurus Balik Nama BPKB Mobil, Begini Caranya

0
208

Otokaltim.com – Samarinda, Sebagai pembeli mobil, tentu saja mengurus balik nama bpkb mobil ada hal yang penting. Banyak permasalahan di mana si pembeli enggan untuk melakukan proses balik nama bpkb mobil yang dibelinya, tapi sesungguhnya proses balik nama ini secara umum sangatlah penting untuk kawan lakukan. 

Dalam proses balik nama bpkb tersebut, biaya yang dikeluarkan di setiap daerah berbeda-beda dan nantinya kawan akan dikenai biaya untuk membayar pajak di STNK saat setelah proses selesai dan biaya diluar pajak di luar tagihan yang tertulis pada STNK.

sumber gambar : carsome.id

Perkembangan dunia otomotif dan kebutuhan akan kendaraan pribadi saat ini meningkat pesat di Indonesia. Walapun hampir bisa dikatakan setiap bulan selalu ada mobil keluaran terbaru, tidak sedikit orang yang justru memilih untuk membeli mobil bekas. Dilihat dari segi harga, sudah tentu mobil bekas memiliki harga yang lebih ekonomis ketimbang mobil baru.

Nah, so pasti namanya mobil bekas, pasti dong stnk dan bpkb bukan atas nama kita,untuk itu jangan malas untuk mengurus balik nama bpkb mobil bekas yang sudah kamu beli kawan. Mungkin proses untuk mengurus balik nama bpkb mobil cukup panjang, tapi kalau kamu mempersiapkan semua dokumen yang harus dibawa, tidak akan sulit kok.

Mau tau bagaimana cara mengurus balik nama bpkb mobil yang cepat? Simak urutan-urutan untuk balik nama bpkb mobil dibawah ini :

Langkah pertama yang harus Sahabat lakukan ketika ingin melakukan balik nama BPKB mobil adalah pergi ke kantor SAMSAT di wilayah tempat tinggal masing-masing. Bagi kamu yang tinggal khususnya di Kaltim, kamu dapat mengecek alamat SAMSAT secara online melalui website www.simpator.kaltimprov.go.id, kabar baiknya lagi di website ini juga kamu bisa tau jumlah yang harus kamu siapkan untuk membayar pajak 5 tahunan, walaupun biasanya belum termasuk biaya pembuatan plat dan biaya admin lainnya jika ada.

Adapun Syarat Mutasi Kendaraan adalah sebagai berikut :
1. BPKB
2. STNK
3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
5. KTP pemilik (daerah yang akan dituju)
6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan. Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

Baca juga : Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Agar Mobil mu Aman Setelah Banjir Surut

Untuk Tata Cara Mutasi Kendaraan sebagai berikut :
1. Pertama, Melapor ke Samsat (menurut Plat motor yang terdaftar sekarang).
2. Langsung ke Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju).
3. Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin) membayar sejumlah biaya.
4. Kembali ke Bagian Mutasi (menyerahkan FC BPKB+STNK+KTP rangkap 2).
5. Kebagian Fiskal (membayar sejumlah biaya).
6. Kembali Ke bagian Mutasi (membayar sejumlah biaya untuk mencabut berkas dari samsat setempat).
7. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).
8. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
9. Cek Fisik kembali (gesek nomor rangka+mesin).
10. Cross Cek ke POLDA setempat. (bila mutasi lintas propinsi).
11. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).
12. Menunggu STNK + Plat No. dengan waktu tertentu.
13. Setelah sesuai dengan lama waktu yang ditentukan kembali ke samsat untuk mengambil STNK + Plat NOPOL baru. (membayar sejumlah biaya untuk pajak, STNK, Plat No., penulisan BPKB)
14. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.
15. Mengambil BPKB yang telah di Update.
16. Selesai.

Bagaimana? Sudah paham cara balik nama mobil kan? Walaupun langkah-langkah balik nama mobil terlihat cukup ribet, tapi tenang saja kawan, Proses pengajuan balik nama mobil kamu akan lancar jika kamu memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, kok!

Dengan membayar pajak, berarti kamu telah membantu pemerintah untuk membangun Indonesia yang lebih maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here